Senin, 19 Februari 2018

Whats on Campus? : LPM Khlorofil

Diposting oleh Unknown

Sejarah Singkat
 Lembaga Pers Mahasiswa Khlorofil Fakultas Pertanian Universitas Udayana atau yang lebih dikenal LPM Khlorofil FP Unud merupakan salah satu Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP) yang khusus mewadahi mahasiswa Fakultas Pertanian dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang jurnalistik.
Nama “Khlorofil” sendiri adalah zat hijau daun yang menjadi bagian terpenting pada tumbuhan dan berfungsi untuk proses fotosintesis. Hal ini menginspirasikan LPM khlorofil yang ingin memberikan arti penting bagi Pertanian dalam arti luas. LPM Khlorofil FP UNUD didirikan pada tanggal 1 Mei 2001 di Denpasar. Selanjutnya tanggal tersebut diperingati sebagai hari jadi LPM KHLOROFIL. Memiliki sekretariat yang bertempat di Kampus Sudirman, Jalan P.B Sudirman Denpasar.
LPM Khlorofil sendiri disebut sebagai lembaga khusus, dimana lembaga ini tidak berada di bawah atau membawahi organisasi lain serta berhak untuk mengatur rumah tangganya sendiri tanpa adanya campur tangan organisasi lain. Hal tersebut diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Pertanian.
Secara struktural, LPM Khlorofil berkoordinasi langsung kepada Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana berdasarkan SK Dekan dan secara fungsional bekerja sama dengan OKFP lainnya. Sama seperti organisasi lainnya, LPM Khlorofil juga mempunyai dinamika tersendiri. Setiap tahun kepengurusan silih berganti.
LPM Khlorofil FP UNUD memiliki 3 divisi sebagai sendi penopang organisasi, antara lain :
1.      Divisi Redaksi
Peran dan fungsi Divisi Redaksi bertanggung jawab dalam pelaksanaan Program Kerja Keredaksian yakni pengadaan Koran Dinding dan News Letter serta pengelolaan Website : khlorofil.unud.ac.id dan Sosial Media. Bertanggung jawab dalam hal menjadwalkan anggota dalam menulis untuk  Kording dan News Letter serta peliputan kegiatan kampus.
2.      Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
Peran atau fungsi Divisi PSDM dalam organisasi Lembaga Pers yakni berperan dalam pelaksaan program kerja Non Keredaksian yakni Kaderisasi dan peningkatan kompetensi anggota dalam hal kepenulisan berupa pengadaan Pelatihan Jurnalistik dan Upgrading.
3.      Divisi Dana dan Usaha (DANUS)
Peran dan fungsi Divisi DANUS dalam organisasi Lembaga Pers Mahasiswa,  pelaksanaan program kerja Non Keredaksian yakni melakukan penggalian dana berupa mengajukan proposal sponsorship dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menghimpun dana untuk mendukung pendanaan pembuatan dan percetakan dari Koran Dinding dan News Letter. Selain itu, bertanggung jawab dalam pengadaan atribut bagi anggota yakni Kemeja dan Id Pers.

Visi LPM Khlorofil
Terwujudnya lembaga pers mahasiswa yang aktif, kritis dan independen dalam mencerdaskan mahasiswa guna terciptanya civitas akademika yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya.

Misi LPM Khlorofil
1.      Sebagai media informasi dan penyalur aspirasi bagi masyarakat luas.
2.      Mewacanakan hak-hak dan aspirasi mahasiswa Fakultas Pertanian pada khususnya dan Universitas Udayana pada umumnya.
3.      Mengawal arah kebijakan kampus.
4.      Mendorong gerakan mahasiswa ke arah yang positif dan berbudaya.
Sebagai wadah kreativitas jurnalistik mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

0 komentar: