Rabu, 15 November 2017

Whats on Campus? : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Diposting oleh Unknown

Sejarah
      BEM FP UNUD adalah salah satu Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP) yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Fakultas Pertanian dan menjadi wadah untuk melaksanakan kegiatan yang menyangkut masalah pertanian secara luas, menyalurkan aspirasi yang sifatnya lebih mendidik dan terpola untuk mahasiswa yang ada di Fakultas Pertanian.
1.      Pada awalnya BEM adalah Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian (SMFP) yang merupakan organisasi eksekutif yang menjalankan roda pemerintahan pada tahun 1998 dimana pada saat itu berlaku NKK dan BKK.
2.      Selanjutnya berubah menjadi Komite Eksekutif Mahasiswa (KEM), karena bergulirnya reformasi 1998 yang membawa implikasi bagi organisasi kemahasiswaan. Hal ini terlihat usaha aktivis Pertanian dengan mengubah SMFP dengan nama KEM.
3.      Kemudian KEM berubah nama menjadi Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) dengan berakhirnya kepengurusan 1999/2000 tepatnya pada Musma II.
4.      Musma III akhirnya dengan amanah pemilu raya menghasilkan presiden untuk masa kepengurusan 2002-2003 (sdr Bejo Utomo, sosek angkatan 2000) sampai satu tahun kepengurusan.
5.      Dan Musma IV terjadi lagi perubahan dari presiden menjadi ketua umum. Akhirnya pada pemilu raya terpilih ketua umum baru periode 2004-2005 (sdr. Suparto, Ilmu Tanah angkatan 2001).
6.      Pada  Musma V tahun 2006 mengangkat dan menetapkan 3 Dewan Karakter Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana (sdr. Rina Rachmani angkatan 2004 jurusan HPT, Irwa Saputra angkatan 2002 sosek, I Nyoman Sewedana angkatan 2004 jurusan agronomi). Masa jabatan dan tugas Dewan Karakter Lembaga Eksekutif Mahasiswa berakhir selambat-lambatnya sampai dengan terpilihnya Ketua Umum  LEM Periode 2006-2007
7.      LEM sempat mengalami kevakuman dan pada Musma  VII 2007/2008. Pada periode ini Ketua LEM sementara dipegang oleh PJS.Choki Abrisal dan LLM diketuai oleh Mahatvayudha.
8.      Pada Musma VIII pada tahun 2008/2009 LEM diubah menjadi BEM FP UNUD. Dengan jabatan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) diduduki oleh Made Adi Darmawan angkatan 2008 Agribisnis dan LLM menjadi BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) yang diketuai oleh Bagus Nurwahyu.
9.      Musma IX yang dilaksanakan pada tahun 2010 oleh BPM membentuk ketua BPM dan ketua BEM yang baru. Ketua BPM adalah Sdr. Nyoman Didi Harizena yang didampingi oleh saudari Ayu Rahmawatiningsih jurusan Agroekoteknologi 2008 dan ketua BEM Sdr. I Made Agus Dwi Ginartha angkatan 2008 Agroekoteknologi yang didampingi oleh saudari Kadek Nita Karlina Astryani sebagai sekretaris.
10.  Musma X terpilih secara AKLAMASI I Putu Ajus Heryana (Ketua) dan Dewa Gede Wiryaangga Selangga (Wakil).
11.  Musma XI, terjadilah keputusan untuk menyelenggarakan pemira dengan hasil terpilihlah Ida Bagus Gede Pranatayana dan Ida Bagus Putu Wahyu Permana sebagai ketua dan wakil BEM FP Periode 2012/2013.
12.  Musma XII, terjadilah keputusan kembali untuk memilih secara aklamasi Ida Bagus Putu Wahyu Permana dan I Dewa Gede Wipa Wira Utama sebagai ketua dan wakil ketua BEM FP Periode 2013/2014.
13.  Dan dengan hasil keputusan Musma XIII terpilihlah kembali I Dewa Gede Wipa Wira Utama dan I Kadek Darmawan sebagai ketua dan wakil ketua BEM FP Periode 2014/2015.
14.  Musma XIV terpilih secara AKLAMASI I Kadek Darmawan dan Ida Bagus Made Wirawan sebagai ketua dan wakil ketua BEM FP Periode 2015/2016.
15.   Pada Musma XVII terpilih secara AKLAMASI Ida Bagus Made Wirawan sebagai ketua BEM dan I Putu Edi Swastawan sebagai wakil BEM FP periode 2016/2017.
16.  Musma XVIII terpilih kembali secara AKLAMASI I Putu Edi Swastawan dan I Dewa Agung Putra Agung sebagai ketua dan wakil ketua BEM FP Periode 2017/2018.
Visi BEM FP
Terwujudnya harmoni kemahasiswaan fakultas pertanian universitas udayana yang proaktif,progresif,profesional.

Misi BEM FP
  1. Menjaga keharmonisan sinergitas antara organisasi kemahasiwaan baik secara vertikal maupun horizontal.
  2. Mengimplementasikan pola keorganisasian yang terbuka dari fakultas pertanian untuk fakultas pertanian.
  3. Berkarya dengan asas idealisme pertanian yang digerakan oleh tujuan tri dharma  perguruan tinggi.

Penjelasan Bidang
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana memiliki 8 bidang diantaranya yaitu:


  1. Komunikasi dan Informasi     : Bidang satu memiliki tugas untuk mengelola akun media social dari BEM FP, dan mempublikasi segala informasi yang berkaitan mengenai kegiatan dan informasi-informasi lain yang berkaitan dengan mahasiswa Fakultas Pertanian.
  2. Pendidikan dan Keilmuan      : Bidang dua bertugas untuk memfasilitasi segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan akademik. Program kerja utamanya adalah PPKM dan Agripreuneur. Disamping itu bidang ini bertanggung jawab terhadap buku-buku pertanian yang ada di rak SUBAK yang berupa perpustakaan kecil milik kesekretariatan.
  3. Kreasi, Minat dan Bakat         : Bidang tiga merupakan bidang penalaran minat dan bakat dari mahasiswa, serta mewadahi kreatifitas mahasiswa melalui program kerjanya yaitu BSO. Disamping itu terdapat beberapa program kerjanya yaitu Agriculture Festival, Dies Natalis, dan ASC.
  4. Kaderisasi dan Keanggotaan : Bidang empat memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengkaderisasi mahasiswa baru melalui program kerjanya yaitu Student Day dan juga LKMM, sebagai bentuk penyiapan kader-kader mahasiswa Fakultas Pertanian.
  5. Pengabdian Masyarakat          : Bidang lima memiliki tugas serta tanggung jawab dalam program pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa Fakultas Pertanian melalui Program Kerja Agricamp serta Green School pada siswa Sekolah Dasar.
  6. Kajian Strategis                       : Bidang enam merupakan bidang yang mengkaji dan mengevaluasi program-program kerja dari BEM FP yang sudah berjalan, serta mengkaji isu-isu yang ada, khususnya yang berkaitan dengan pertanian.
  7. Kesekretariatan                       : Bidang tujuh merupakan bidang yang bertanggung jawab terhadap kebersihan, keamanan dan inventaris yang dimiliki oleh BEM FP.
  8. Dana dan Usaha                      : Bidang delapan merupakan bidang yang bertanggungjawab untuk memperoleh dana untuk membiayai program kerja yang ada melalui pembuatan bazaar dan penjualan baju, merchandise, minuman, makanan, dan lain sebagainya. 
BEM FP UNUD 2017/2018
Proaktif, Progresif, Profesional🍃
PRO-AGRICULTURE!!!

0 komentar: